Menambah Resolusi Layar Ubuntu


Kemarin Komp gue jadi nampak besar resolusinya gak taunya ada yang ngoprek.gue Googling aja dan ketemu....Blog Bang Tom.
Saya sejak mulai menggunakan SuperUbuntu, yang ostomastis menggunakan Ubuntu 8.10, Intrepid Ibex. Setelah instalasi selesai, mulanya tidak masalah. Resolusi sudah bisa diset langsung ke 1024x768. Masalahnya ketika monitor saya jual, kemudian dengan memindah HardDisk, saya nyalakan komputer dengan HD Ubuntu saya di sekolah. Dan taraaa.. Resolusi yang didetek mentok hanya 640x400 saja. Bagaimana rasanya coba? :D

Dan ini dia cara yang saya tempuh :

Kesimpulan tidak ada cara yang paling ampuh selain mengedit file xorg.conf di /etc/X11/xorg.conf
Ma'af untuk yang VGA eksternal, saya kurang tahu. Masalahnya thom make VGA onboard saja


  • Buka Terminal » ketikkan sudo gedit /etc/X11/xorg.conf
  • Kemudian geser scroll ke bawah, dan perhatikan ketika berada di 'Section Monitor'
    Dibawah Identifier "Configured Monitor" tambahkan 2 baris berikut :

    HorizSync 30-54
    VertRefresh 60
  • Setelah itu, klik Save dan tekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+Backspace untuk Logout.
  • Masuk kembali ke dalam system, kemudian cobalah masuk ke System » Preferences » Screen Resolution
  • Cuba ganti ke resolusi 1024x768
  • Sebagai catatan, berikut ini cuplikan asli script yang saya dapatkan dari sebuah forum [saya lupa namanya] :
    Section "Device"
    Identifier "Configured Video Device"
    EndSection

    Section "Monitor"
    Identifier "Configured Monitor"
    HorizSync 30-90
    VertRefresh 60-120
    EndSection

    Section "Screen"
    Identifier "Default Screen"
    Monitor "Configured Monitor"
    Device "Configured Video Device"
    EndSection


    Hanya saja, ketika script di atas saya terapkan, hasilnya monitor saya kelap kelip saja, karena tidak kuat. Karena, belakangan saya ketahui kalau angka tersebut terlalu tinggi buat monitor saya. :)
OK.. semoga membantu :)
Kalau misalnya cara tersebut masih belum bisa [seharusny sudah], bisa mengikuti link ini.
Refrensi By http://thom-sharing.blogspot.com/2009/01/masalah-resolusi-pada-ubuntu.html

0 comments: